Tips Menghindari Asuransi Kendaraan Yang Bisa Merugikan!

Tentu saja ketika membeli asuransi kendaraan khususnya untuk mobil anda ingin mendapatkan perlindungan asuransi yang menguntungkan Sebagai pemegang polis. Namun beberapa orang berpikir, bahwa ketika mengambil asuransi mobil lalu tidak terpakai hal ini adalah merugikan karena tidak melakukan klaim dan preminya hangus.

Tapi tenang saja, banyak perusahaan sudah melakukan revisi soal ini dengan menawarkan produk Asuransi yaitu no klaim maka uang kembali. Tentu banyak nasabah yang tertarik dengan penawaran ini agar nantinya tidak akan rugi jika tidak pernah melakukan klaim dan uang bisa kembali. Namun, apakah memang benar-benar hal ini terjadi? Yang artinya uang akan kembali 100% ketika anda tidak mengklaim asuransi sama sekali?

Mengenali Program Asuransi Agar Tidak Merugi

Untuk menghindari terjadinya kerugian ketika membeli asuransi kendaraan khususnya mobil, anda perlu jeli mengetahui produk apa saja yang ada di dalam polis asuransi. Karena perusahaan asuransi tentu akan menetapkan beberapa komponen biaya yang sudah diperhitungkan sebelum penetapan premi. Seperti berikut ini.

1. Biaya Akusisi

Biaya ini adalah biaya ongkos pemasaran yang meliputi biaya untuk pihak perantara seperti bank, agen asuransi, leasing, pialang asuransi dan masih banyak lagi.

2. Rasio Klaim

Selanjutnya ada yang namanya rasio klaim yang merupakan komponen biaya antara premi yang diterima dan klaim yang akan dibayarkan. Contohnya saja, jika dalam setahun ada 1000 mobil dan terdapat 1 klaim maka klaim rasionya adalah 0, 1%

3. Profit Margin

Selanjutnya ada yang namanya profit margin. Yang mana komponen ini ikut diperhitungkan oleh perusahaan asuransi saat menetapkan biaya premi. Komponen profit margin ini, merupakan salah satu cara perusahaan asuransi untuk mendapatkan untung dari produk asuransi yang dipasarkan kepada anda sebagai pemegang polis.

4. Overhead

Overhead biaya yang termasuk di dalamnya biaya beban untuk operasional perusahaan dan juga asuransi yang bersangkutan. Mulai dari biaya gaji pegawai, sewa gedung, maintenance, biaya listrik dan masih banyak lagi.

Nah dari empat komponen diatas anda bisa tahu bahwa besaran premi diciptakan dari beberapa komponen tersebut dan dipakai oleh perusahaan asuransi. Sementara, syarat utama untuk mendapatkan uang kembali secara penuh jika tidak melakukan klaim asuransi adalah Anda tidak pernah sama sekali ajukan klaim ketika periode asuransi berjalan. Ini tentu jarang terjadi, karena mobil digunakan setiap hari dan tentu saja ada resiko dan ada perlindungan yang harus didapatkan pada kendaraan tersebut.

Tapi mungkin saja ada pemegang polis yang memang sama sekali tidak menggunakan klaim asuransinya. Namun tetap dana Anda tidak akan kembali 100% karena pasti ada potongan biaya dan lain-lain. Tetapi jika dilihat dari sisi lainnya, ini merupakan hal yang wajib diterapkan dan didapatkan oleh pihak asuransi untuk menjaga kredibilitas dan janjinya terhadap pemegang polis. Makanya ketika anda sedang membeli asuransi akan dikeluarkan syarat yang tidak akan memberatkan pihak asuransi ketika mengembalikan dana nasabah. Perusahaan asuransi tentu tetap saja akan menepati janjinya namun di satu sisi tetapi ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli asuransi kendaraan. Untuk memberitahu anda bahwa tetap bijak dalam menentukan asuransi mobil yang dipilih. Jangan tergoda oleh pengiklanan asuransi yang sedemikian rupa, tetap detail membaca term and condition saat membeli asuransi mobil. Jika anda sedang ingin membeli asuransi kendaraan  dan butuh tempat pembelian asuransi secara online maka bisa mengunjungi Lifepal. Di Lifepal tentu saja Anda bisa mendapatkan produk asuransi dari perusahaan asuransi terpercaya dan terdaftar di OJK.

Selain asuransi mobil, juga bisa mendapatkan asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan misalnya. Pembelian asuransi di Lifepal akan diberikan promo menarik berupa diskon premi sebanyak 25%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *