Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya!

jerawat punggung

Tidak hanya di wajah, jerawat pula dapat timbul di leher, punggung, serta dada. Jerawat di punggung pula dapat mengusik penampilan serta kenyamanan. Apalagi, jerawat punggung dapat terasa lebih menyakitkan serta memunculkan permasalahan lebih sungguh- sungguh daripada jerawat di wajah. Ini sebab kadangkala orang tidak menyadari di punggungnya timbul jerawat sehingga tidak melaksanakan aksi spesial buat menghilangkannya.

Saat sebelum mencari ketahui gimana metode melenyapkan jerawat punggung, terdapat baiknya Kamu mengenali dahulu apa saja aspek yang menimbulkan timbulnya jerawat punggung. Sebagian besar memanglah sama dengan pemicu munculnya jerawat di wajah. Butuh diingat, pemicu timbulnya jerawat di punggung tidak senantiasa sama antara satu orang dengan yang lain.

Jangan Remehkan Bermacam Pemicu Jerawat di Punggung

 

1. Hormon

Biasanya, jerawat timbul dikala penciptaan hormon tertentu hadapi kenaikan secara signifikan, semacam dikala pubertas( umur 10–13 tahun), serta pada perempuan dikala haid serta kehamilan. Tidak hanya itu, ketidakstabilan hormon pada pengidap penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, pula dapat merangsang munculnya jerawat. Pada orang yang mempunyai tipe kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, tercantum di punggung.

 

2. Genetik

Aspek genetik pula bisa menimbulkan seorang lebih gampang berjerawat. Apabila orang tua Kamu mempunyai tipe kulit berminyak, misalnya, Kamu juga hendak mempunyai tipe kulit yang sama serta mungkin lebih gampang berjerawat, tercantum di punggung.

 

3. Pakaian

Timbulnya jerawat punggung terkadang bukan diakibatkan fluktuasi hormon ataupun aspek genetik. Konsumsi baju yang ketat pula dapat jadi pemicu jerawat di punggung.

Baju ketat membuat kulit susah bernapas serta menimbulkan penyumbatan keringat. Apabila keringat tersumbat, hingga hendak merangsang perkembangan kuman pemicu jerawat. Baju ketat tidak cuma merangsang perkembangan jerawat di punggung, namun pula hendak memperburuk jerawat punggung yang telah timbul.

Baju tidak ketat yang basah oleh keringat pula dapat menimbulkan timbulnya jerawat punggung. Misalnya, tidak langsung mengubah baju sehabis olahraga. Perihal ini bisa merangsang munculnya jerawat di punggung. Penyakit yang basah oleh keringat pula dapat menimbulkan ruam kulit, peradangan jamur, serta energi tahan badan melemah.

 

4. Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, guling, dan kasur harus dibersihkan secara teratur. Bila ini tidak dicoba, tempat tidur Kamu dapat jadi kotor, lembap, serta berminyak sehingga disukai kuman buat tinggal serta tumbuh biak.

Melindungi kebersihan tempat tidur ialah salah satu langkah berarti dalam melindungi kesehatan kulit serta menghindari munculnya permasalahan kulit, tercantum jerawat punggung. Mencuci seprai, sarung bantal serta guling tiap seminggu sekali buat melindungi kebersihan tempat tidur.

 

5. Mengkonsumsi kandungan tertentu

Sebagian tipe kandungan untuk penghempas jerawat dapat mempengaruhi penciptaan hormon yang pada kesimpulannya merangsang perkembangan jerawat. Contoh kandungan yang bisa merangsang munculnya jerawat punggung merupakan antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang memiliki hormon, ataupun kapsul KB dengan dampak samping memunculkan jerawat.

Jerawat yang timbul di punggung tidak senantiasa sama. Jerawat yang meradang hendak bercorak kemerahan, bengkak, serta terkadang sakit dikala dijamah. Ini jenis- jenis jerawat punggung:

 

● Komedo putih( whitehead)

 

● Komedo gelap( blackhead)

 

● Papula( bintik merah)

 

● Nodul( tonjolan dalam kulit yang berdimensi besar)

 

● Kista( tonjolan besar berisi air serta nanah, umumnya terasa sakit)

 

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Dalam web Alodok dipaparkan, jerawat timbul kala folikel rambut, ataupun tempat tumbuhnya rambut, tersumbat minyak serta sel kulit mati. Keadaan tersebut setelah itu mengundang kuman tiba buat tinggal serta tumbuh biak. Dampaknya, pori membesar, meradang, serta timbullah jerawat.

Walaupun bersama diakibatkan penyumbatan oleh minyak serta sel kulit mati, pori- pori di punggung lebih besar daripada di wajah. Perihal itu yang membuat pori di punggung lebih gampang tersumbat serta jerawat punggung lebih besar daripada jerawat wajah.

 

Kamu bisa mempraktikkan langkah- langkah berikut selaku metode melenyapkan jerawat punggung:

 

1. Langsung mandi sehabis berkeringat

Tinggal di negeri tropis membuat badan kita kerap berkeringat. Sebab itu, salah satu metode melindungi kebersihan badan merupakan langsung mandi tiap habis melaksanakan aktivitas yang menimbulkan badan berkeringat.

Sehabis berpanas- panasan di luar ruangan ataupun sehabis olahraga, misalnya, jangan perkenankan pakaian berkeringat melekat sangat lama di badan. Ini supaya keringat tidak menutup pori serta mengundang kuman pemicu jerawat di punggung.

Pakai sabun antibakteri yang bisa membagikan proteksi optimal dari bakteri sekalian melindungi kelembutan kulit. Lifebuoy Yoghurt Care memiliki perumusan superfood yoghurt yang bisa membagikan 10x proteksi bakteri serta lembut di kulit.

Yoghurt bisa menolong melembapkan kulit sebab mempunyai isi probiotik( berperan mengembalikan susunan kulit natural), zinc( anti- peradangan), serta lactic acid( alpha hydroxy acid buat mengangkut sel kulit mati).

 

2. Jalani eksfoliasi

Tidak hanya mandi 2 kali satu hari, Kamu pula butuh langkah bonus buat membenarkan sel kulit mati di punggung tidak menumpuk serta betul- betul telah terangkat. Triknya dengan melaksanakan eksfoliasi, ialah metode mengangkut sel kulit mati dengan scrub ataupun bahan kimia spesial.

Apabila punggung belum berjerawat, Kamu dapat melaksanakan scrub punggung 2 kali dalam seminggu. Apabila di punggung telah mencuat jerawat, jalani eksfoliasi secara lembut. Tetapi, apabila keadaan jerawat di punggung telah sangat parah, Kamu malah butuh menjauhi eksfoliasi supaya tidak memperburuk jerawat punggung.

 

3. Kenakan baju yang bersih

Tidak hanya kurangi konsumsi baju ketat, yakinkan Kamu pula menggunakan baju yang bersih. Apabila baju telah sempat terserang keringat, jangan dikenakan lagi supaya tidak memancing datangnya kuman.

Tidak hanya itu, seleksi deterjen pencuci pakaian yang nyaman untuk kulit sensitif. Terkadang, deterjen yang sangat kokoh pula dapat merangsang munculnya jerawat punggung, serta membuat jerawat punggung yang telah terdapat jadi meradang.

 

4. Mengikat rambut

Untuk Kamu yang mempunyai rambut panjang, kadangkala rambut menaruh debu serta kotoran, dan memiliki minyak. Apabila rambut melekat pada punggung, bermacam kotoran serta minyak tersebut dapat berpindah ke punggung. Buat mencegahnya, Kamu bisa mengikat rambut supaya rambut tidak banyak memegang punggung serta membuat punggung dihinggapi kuman pemicu jerawat.

 

5. Batasi pemakaian produk berbahan bawah minyak

 

Jerawat timbul sebab penciptaan sebum ataupun minyak di kulit sangat banyak serta menutup pori. Sebab itu, batasi pemakaian produk perawatan kulit yang berbahan bawah minyak, semacam lotion ataupun tabir surya. Hendaknya Kamu memilah produk perawatan kulit yang berbahan bawah air serta berlabel nonkomedogenik.

 

6. Pakai pembersih berbahan benzoil peroksida serta asam salisilat

Kamu pula bisa memakai pembersih badan yang memiliki asam salisilat ataupun benzoil peroksida. Benzoil peroksida bisa menewaskan kuman pemicu jerawat, sedangkan asam salisilat baik buat tonjolan serta komedo. Pakai produk yang memiliki kedua bahan tersebut hingga jerawat lenyap.

 

7. Mengurangi gesekan di punggung

Apabila di punggung lagi terdapat jerawat, upayakan buat kurangi terbentuknya gesekan pada jerawat. Misalnya, tidak menggunakan tas ransel ataupun baju ketat.

Apabila bermacam metode melenyapkan jerawat punggung tersebut tidak sukses, hendaknya Kamu bertanya dengan dokter kulit. Sehabis mengecek keadaan jerawat Kamu, dokter bisa jadi hendak meresepkan antibiotik oles buat menewaskan kuman pemicu jerawat punggung. Pada permasalahan jerawat punggung yang lumayan parah, dokter mungkin hendak meresepkan antibiotik oral yang mempunyai manfaat lebih kokoh dibanding antibiotik oles.

Panduan Menjaga Kulit supaya Sehat serta Leluasa dari Jerawat Punggung

Buat menghindari jerawat punggung timbul kembali, Kamu butuh melindungi kesehatan kulit. Tidak hanya memakai produk pembersih yang cocok tipe kulit, Kamu pula butuh mempraktikkan style hidup sehat serta melaksanakan Kerutinan yang tidak merangsang munculnya jerawat.

 

● Makan buah serta sayur

Makan buah serta sayur dalam jumlah lumayan tidak cuma baik untuk kesehatan badan secara universal, namun pula bisa menolong melenyapkan jerawat di punggung. Sayur serta buah kaya hendak vit yang bisa menolong menghasilkan toksin di badan, dan antioksidan yang bisa melindungi sel- sel dari kehancuran.

Dengan perbanyak makan sayur serta buah, Kamu hendak terdorong kurangi konsumsi santapan berlemak ataupun berkadar gula besar yang bisa merangsang kenaikan penciptaan sebum ataupun minyak di kulit pemicu jerawat.

 

● Tidak menekan jerawat

Walaupun keberadaan jerawat terasa mengusik, jauhi menekan jerawat sebab dapat menimbulkan infeksi. Alih- alih membuat jerawat lenyap, Kerutinan menekan jerawat malah hendak meninggalkan sisa di kulit.

 

● Kenakan baju yang meresap keringat

Buat kurangi keringat melekat di kulit badan, kenakanlah baju dengan bahan yang sanggup meresap keringat, semacam katun. Apabila baju Kamu tidak sanggup meresap keringat, hingga keringat hendak terus bergesekan dengan kulit badan, menutup pori, serta mengundang kuman pemicu jerawat punggung.

 

● Pakai sabun mandi untuk jerawat punggung yang lembut di kulit

Sabun antibakteri mempunyai keahlian lebih besar buat membasmi bakteri dibanding sabun biasa. Dengan isi bahan antibakteri spesial, sabun antiseptik efisien melindungi badan dari bakteri yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit, merangsang perkembangan jamur, ataupun penularan penyakit.

Sebagian sabun antibakteri dikira sangat keras untuk kulit. Sebab itu, yakinkan Kamu memilah sabun antibakteri yang dilengkapi isi spesial buat melindungi kelembutan kulit, semacam Lifebuoy Lifebuoy Yoghurt Care. Yoghurt bisa menolong melembapkan kulit sebab mempunyai isi probiotik( berperan mengembalikan susunan kulit natural), zinc( anti- peradangan), serta lactic acid( alpha hydroxy acid buat mengangkut sel kulit mati).

 

● Minum air putih yang cukup

Salah satu metode melindungi kesehatan kulit merupakan melindungi kelembapannya dengan minum lumayan air putih. Kulit yang kering hendak mendesak kelenjar minyak buat memproduksi lebih banyak sebum guna mengembalikan kelembapan kulit. Minyak berlebih pula berpotensi menutup pori serta merangsang jerawat.

Tidak hanya itu, kulit kering pula lebih gampang disusupi kuman Cutibacterium acne( C. acne) yang bisa memperburuk jerawat. Sebab itu, konsumsilah air putih minimun 8 gelas satu hari supaya kulit senantiasa terhidrasi. Kulit yang terhidrasi hendak terlindungi dari resiko peradangan sebab sel- sel kulit sanggup membentuk bilik pertahanan yang lebih kokoh serta rapat.

● Kurangi konsumsi gula

Dalam web Natha dipaparkan, pola makan besar gula bisa tingkatkan kandungan gula darah serta insulin. Kenaikan itu hendak menimbulkan infeksi di badan, yang setelah itu merangsang munculnya jerawat.