penyebab bulu kucing rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok, Harus Waspada dan Hati-Hati!

Sebagai pemilik, Anda pasti ingin memastikan kucing kesayangan selalu sehat dan terawat. Namun, terkadang hal-hal seperti kerontokan justru dianggap sepele dan wajar terjadi. Padahal hal tersebut juga patut diwaspadai. Lalu, apa penyebab bulu kucing rontok? Simak penjelasannya berikut!

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Berikut ini beberapa penyebab yang membuat bulu kucing Anda menjadi rontok, yaitu:

1. Hormon Tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kerontokan bulu kucing. Karena kelebihan dan kekurangan hormon dapat mempengaruhi bulunya. Beberapa kasus, seperti kucing yang sedang hamil juga bisa mengalami kerontokan. Karena mereka mengalami perubahan hormon.

Biasanya untuk masalah yang satu ini bulu bisa tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun, ketidakseimbangan hormon karena meningkatnya kadar steroid juga bisa membuat folikel bulu mati. Karena itu, Anda tetap harus memastikan kondisi kucing agar tidak salah penanganan.

2. Kekurangan Gizi

Salah satu yang dapat menyebabkan bulu kucing mengalami kerontokan adalah kekurangan gizi. Meskipun Anda selalu mencukupi makanannya, kucing juga bisa tetap kekurangan gizi.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan vitamin. Jika bulu sudah terlanjur mengalami kerontokan, Anda bisa menambahkan vitamin kucing untuk bulu rontok dari Doctor Jon karena alami dan baik untuk kucing.

3. Alergi Makanan

Makanan yang tidak cocok dapat menjadi penyebab bulu kucing rontok. Kucing juga bisa saja memiliki alergi yang membuatnya tidak bisa memakan sembarang makanan. Selain dapat menyebabkan rontok, kucing juga dapat mengalami mual dan muntah. Karena itu, Anda harus memastikan kucing Anda memiliki alergi atau tidak. Jangan sampai Anda justru lalai dan menyepelekannya.

4. Stres

Kucing juga bisa merasakan stres seperti manusia. Beberapa faktor yang menyebabkan kucing stress di antaranya adalah kesepian, perubahan suasana, dan keributan.

Saat stress itulah mereka akan menggaruk atau menjilat dengan berlebihan. Selain itu, stress juga akan menghambat aliran nutrisi dan membuat kucing menjadi malas melakukan apapun.

5. Masalah Kesehatan Kulit

Infeksi pada kulit bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan. Kurap, tungau, kutu, dan berbagai parasit lain harus Anda waspadai. Kondisi kulit kucing yang terkena alergi juga akan berakibat buruk pada bulunya hingga bisa menyebabkan kebotakan.

Kucing akan cenderung terus menggaruk tubuh karena rasa gatal. Hal ini juga bisa diatasi oleh vitamin kucing untuk bulu rontok Doctor Jon.

Sudah Siap untuk Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok?

penyebab bulu kucing rontok

Memelihara kucing harus dilakukan dengan maksimal, Anda juga harus dapat mengenali penyebab bulu kucing rontok agar dapat melindungi mereka.

Jangan sampai Anda menyepelekan kerontokan bulu yang bisa saja membahayakan kucing. Anda juga dapat merawat mereka dengan menjaga pola makan, memandikannya secara rutin, dan memberikan vitamin kucing untuk bulu rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *