5 Keuntungan Beli Mobil Bekas, Jauh Lebih Cuan!

Kendaraan pribadi berupa mobil masih menjadi impian bagi keluarga di Indonesia. Mengingat sistem transportasi umumnya memang belum terlalu mendukung layaknya di negara maju. Namun, tidak sedikit yang merasa keberatan dengan DP mobil baru yang tidak terbilang murah.

Tidak orang sanggup membeli mobil baru, bahkan meskipun mereka memerlukannya. Adapun opsi terbaik yang bisa dilakukan salah satunya dengan membeli mobil bekas. Sebagian orang masih menganggapnya skeptis, padahal banyak mobil second yang layak asal bisa memilihnya secara bijak.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diketahui

Worth it ‘kah membeli mobil bekas di tengah maraknya perilisan mobil-mobil baru? Jika kondisi finansial mendukung, tentu bukan suatu masalah memilih kendaraan sesuai keinginan. Tidak perlu gengsi jika keuangan Anda hanya cukup untuk membeli mobil bekas, berikut keuntungannya.

1.  Harga Jauh Lebih Murah

Tampaknya ini merupakan fakta umum sekaligus kelebihan yang membuat banyak orang memutuskan membeli mobil bekas.

Seperti yang telah diketahui,. mobil menjadi salah satu jenis barang berharga yang mengalami penyusutan. Ketika membelinya dalam kondisi second, tentunya akan jauh lebih hemat dibanding beli baru!

2.  Bisa Pilih Sesuai Kebutuhan

Apakah memungkinkan membeli mobil bekas dengan fitur bagus? Tentunya hal ini sangat mungkin terjadi mengingat setiap tahun brand-brand otomotif terkenal merilis produk mobil baru. Fasilitas yang ada di dalamnya pun semakin di-upgrade.

Namun, belum tentu kebutuhan berkendara Anda harus menggunakan fasilitas terbaru itu bukan? Oleh sebab itu, solusinya adalah membeli mobil bekas dengan fitur yang memang sesuai kebutuhan.

Tidak perlu khawatir, SEVA sebagai platform digital dari Astra menyediakan mobil bekas dan baru yang beragam. Mulai dari Daihatsu, Toyota, Isuzu, hingga Peugeot. Mobil yang dijual dalam keadaan second di dalamnya telah diseleksi secara ketat sehingga kelayakannya telah teruji.

3.  Biaya Bulanan Rutin

Tidak sedikit yang kurang memperhitungkan biaya bulanan rutin yang harus dikeluarkan untuk mobil baru. Misalnya premi asuransi yang nominalnya jauh lebih mahal dibanding mobil bekas.

Jika mobil yang dibeli merupakan keluaran baru, maka bahan bakar yang digunakan non-subsidi dari pemerintah.

4.  Depresiasi Harga

Faktanya, nilai kendaraan mobil mengalami penurunan harga di angka 15-25% per tahun. Bagi yang memiliki kondisi finansial terbatas, disarankan memilih mobil bekas berumur lebih dari lima tahun. Selain harganya lebih terjangkau, depresiasi harga tidak terlalu terasa.

5.  Cicilan Mobil Baru Sangat Membebani

Sebenarnya, mengambil kredit mobil sah-sah saja dilakukan. Namun jika kurang perhitungan dan cenderung memaksakan diri, hal ini justru bisa menjadi boomerang di kemudian hari. Tak jarang cicilan mobil membuat gaji seseorang nyaris tidak bersisa setelah dikurang kebutuhan lainnya.

Cara Membeli Mobil Bekas yang Menguntungkan

Berbagam macam kelebihan membeli mobil bekas yang sudah dijelaskan di atas bisa dirasakan jika tahu tekniknya. Artinya, Anda juga harus memahami cara membeli mobil bekas yang menguntungkan.

Misalnya dengan mengecek bodi mobil dan kelengkapan dokumen sebelum melakukan deal dengan penjual mobil bekas. Tidak hanya itu, jangan mengabaikan kondisi mesin dan interior karena akan berhubungan langsung dengan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Periksa pula apakah kendaraan roda empat tersebut sudah memiliki asuransi atau belum sebelumnya. Jika membelinya di tempat terpercaya, tentunya semua faktor tersebut bisa dipenuhi dengan baik.

Tidak perlu gengsi jika kondisi keuangan hanya sanggup untuk membeli unit mobil bekas. Bahkan beberapa orang yang sebenarnya mampu membeli mobil baru pun memilih mobil second. Hal ini dilakukan jika Anda benar-benar tahu kapasitas diri dan kebutuhan berkendara pribadi maupun keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *